Senin, 04 Agustus 1997

Ahli fisika menduga ada kehidupan di Luar Bumi

Kompas, Senin, 4 Agustus 1997

Mungkin Ada Kehidupan di Luar Bumi

San Francisco, Minggu

Richard Hoover saat memberi ceramah di IUFOC. (Credit: Open Minds)
Seorang ahli fisika telah menemukan sisa-sisa organisme luar Bumi yang memfosil dalam sebuah meteorit. Temuan ini makin menguatkan bukti tentang kehidupan yang mungkin ada di luar Planet Bumi.

Ahli fisika perbintangan Richard Hoover hari Jumat (1/8) mengatakan, saat meneliti contoh-contoh meteorit Murchison yang jatuh di Australia tahun 1969, ahli fisika itu telah menemukan struktur kompleks yang menunjukkan kehidupan.

"Ini secara potensial merupakan kasus yang menunjukkan kehidupan di mana pun selain planet Bumi. Ini merupakan kemungkinan nyata yang harus dipikirkan," kata Hoover kepada Reuters dalam sebuah wawancara melalui telepon dari San Diego.

Ahli fisika di Pusat Penerbangan Antariksa George C Marshall, Huntsville, Alabama ini memperingatkan perlunya lebih banyak penelitian dan ia tidak bisa meyakini dari mana struktur mikroskopik itu berasal. Pekerjaan Hoover ini mendukung penemuan para ahli AS yang tahun lalu mengumumkan, mereka menemukan kemungkinan fosil mikroba dalam sebuah meteorit dari Mars.
Makalah ilmu pengetahuan yang disajikan Hoover dalam sebuah konferensi di San Diego minggu lalu menyimpulkan, meteorit Murchison mengandung "sebuah populasi mikrofosil asli" yang berbentuk seperti jamur, batang atau kawat filamen.

Badan yang berbentuk jamur diperkirakan menggambarkan karbon sisa bentuk biologi. Hoover menghasilkan citra bentuk-bentuk itu menggunakan mikroskop elektron dan menganalisisnya dengan spektroskopi dispersif energi sinar-X.

Bentuk tubuh itu menyerupai beberapa tipe bakteri, namun para ahli tidak bisa mengidentifikasinya seperti halnya kelompok mikrobiologi yang dikenal di Bumi. Tubuh yang menyerupai bentuk-bentuk yang tak teridentifikasi lain pernah diketemukan dalam meteorit lain oleh peneliti sebelumnya.
"Disimpulkan, populasi struktur kompleks ini mungkin menggambarkan sisa mikroorganisme luar bumi yang hidup dengan atau terkontaminasi tubuh induk meteorit Murshison dalam waktu yang bervariasi pada 4,4 milyar tahun lalu," tulis Hoover.

Tubuh induk meteorit Murchison tidak diketahui, namun Hover mengatakan adanya bukti kuat benda itu tidak berasal dari Bumi, bulan atau Mars, dan mungkin berasal dari sebuah komet atau asteroid. (Rtr/awe)