Jumat, 15 Desember 2017

Tiga Bola Cahaya Melayang Di atas Jakarta, 15 Februari 2017


Tiga buah benda terbang tak dikenal berupa bola cahaya (UFO lightball / ball of light) berwarna putih kekuningan melayang diatas kota Jakarta dan terlihat oleh beberapa saksi mata.

Fenomena misterius ini sempat diabadaikan oleh seseorang dengan menggunakan kamera ponselnya diatas sebuah gedung. Pengambil video dan seorang rekannya terdengar bingung, benda apakah yang melayang sebanyak tiga buah itu?

Pengambil video menyatakan dalam rekaman, bahwa awalnya cahaya itu  hanya berjumlah dua buah. Namun kemudian menjadi tiga buah. Video yang diunggah pada 15 januari 2017 silam ini, baru mulai merekam ketika bola cahaya sudah tampak berjumlah tiga buah.

Ketiga Objek Terbang Tak Dikenal (OTTD) atau lebih dikenal dengan sebutan Undientified Flying Object (UFO) itu tampak melayang diam diatas pemukiman di atas Jakarta.

Pada video, terdengar suara pengambil video dan rekannya saling berbincang memakai bahasa Jawa.

Pada awal video, pengambil video (sebut saja PV)  berucap, “Apa itu?”.

Rekan pembuat vide (Sebt saja RP) menjawab, “Itu ada tiga!”

Pengambil video menyatakan bahwa tadinya hanya ada dua buah.

PV: “Tadi awalnya ada dua.”

RP: “Ada empat.”

Kemudian keduanya sempat terdiam.  Lalu pengambil video berucap untuk meyakinkan rekannya kembali.

PV: “Awalnya dua tadi, koq bisa muncul satu lagi? Ini apa ya? Jelas bukan pesawat.”

Ucap pembuat video dengan nada yang masih bingung tentang apa yang ia sedang lihat. Tak hanya berupa video, ketiga UFO berbentuk bola cahaya dapat Anda lihat pula dalam file bergerak berformat GIF berdurasi singkat yang kami buat pada gambar dibawah ini.

Kemudian keduanya larut dalam pembicaraan mengenai ketiga bola cahaya misterius yang sedang mereka lihat berdua.

RP: “Ada pesawat itu.”

PV: “Bukan, itu bukan pesawat”.

RP: “Bukan, bukan yang itu… Itu, pesawat itu… diatasnya itu loh, ada pesawat!”

PV: “Mana pesawat?”

RP: “Itu, yang warnanya hitam itu loh.”

Tak lama ketika sedang mengabadikan video tersebut, memang tampak sebuah pesawat berwarna hitam.

Pada layar video, pesawat itu melintas dari kanan ke arah kiri layar, tepat diatas ketiga Benda Terbang Aneh (BETA) itu.

Pengambil video pun akhirnya melihat pesawat yang dimaksud rekannya tersebut, dan memang sedang melintas diatas ketiga UFO berbentuk budar itu.

PV: “Oh iya! Nah itu baru pesawat! Yang dibawahnya itu apa ya?

Terdengar lagi sang pengambil video ini berucap untuk meyakinkan rekannya kembali, bahwa awalnya UFO yang berjumlah tiga tersebut, memang awalnya hanya ada dua.

PV: “Tadi yang sebelah kiri belum nyala, Kang… Aneh ya?… Apa itu ya?…”

RP: “Enggak ngerti aku…” (Dalam bahasa Jawa, ‘enggak ngerti’ berarti tidak tahu)

Satu bola cahaya hilang dan melesat, UFO tinggal dua

Agak lama mereka terdiam dan terpaku. Sampai akhirnya sang pengambil video berucap, “Aneh ya…”.

Video yang direkam dengan mode vertikal ini, kemudian mulai diputar menjadi horisontal oleh pengambil video. Tiba-tiba salah satu bola cahaya mulai menghilang dan tampak pergi melayang menuju arah barat, meninggalkan dua bola cahaya lainnya.

PV: “Loh, yang sebelah kanan mulai hilang… Loh, dia jalan Kang… Iya khan?”

RP: “Semakin kecil dia… Tuh lihat, jalan ke arah barat dia”.

Dua UFO berbentuk bola cahaya yang tersisa tersebut, dapat Anda lihat pula dalam file bergerak berformat GIF berdurasi singkat yang kami buat pada gambar dibawah ini.

Peristiwa terjadi sesaat setelah matahari sudah terbenam. Dari pengamatan IndoCropCircles pada video, bergeraknya salah satu UFO ke arah barat tidak terlihat karena langit sudah agak gelap.

Kedua saksi mata berucap bahwa  UFO itu melesat ke arah kiri dari video, yang mereka yakini adalah arah barat. Itu berarti mereka mengambil video dari selatan, dan ketiga UFO tersebubt berada di utara dari mereka berdua.

Hilangnya salah satu UFO yang mereka yakini terbang melayang secara vertikal ke arah barat itu, menyebabkan bola cahaya tinggal dua buah. Keduanya tetap melayang dalam posisi diam tak bergeming (stationary).

Satu bola cahaya menghilang lagi, UFO tinggal satu

Mereka berdua masih terdiam. Tiba-tiba rekannya berucap:

RP: “Ohhh, jangan-jangan itu, apa itu namanya…”

PV: “Apa???”

RP: “Itu loh yang bisa terbang, biasanya pakai remote”

PV: “Drone???”

RP: “Iya, mungkin itu!”

PV:“Gak mungkin drone bisa setinggi itu!!” ucap pengambil video dengan nada tinggi.

Kedua UFO tetap melayang dalam posisi diam (stationary). Dan tiba-tiba salah satu dari dua UFO, yang berada di kiri layar, mulai berkedip-kedip untuk kemudian menghilang. Mereka melihat UFO yang menghilang itu sebenarnya meredup, dan meninggalkan satu UFO yang lain dan juga menuju ke arah barat.

Kini UFO tinggal tersisa satu. Kemudian UFO yang tersisa itu semakin terang, dan tetap melayang dalam posisi diam tak bergerak (stationary).

PV: “Lah, tinggal satu,”

RP: “Yang satu lagi ke arah barat tuh”

PV: “Ke arah barat? Ke kanan atau ke kiri?”

RP: “Itu diantara dua gedung… itu…”

Memang pada video terlihat ada dua buah gedung apartemen menjulang tinggi yang berada di sebelah kiri dari UFO-UFO itu.

PV: “Oh iya…, itu jalan pelan-pelan…,  fup, fup…,”

Pada video, bergeraknya salah satu UFO ke arah barat lagi-lagi tidak terlihat karena peristiwa terjadi ketika matahari sudah terbenam. Dan dari perkataannya tadi, bisa jadi UFO bergerak dengan cahaya yang berkedip-kedip.

Video berakhir dan menyisakan satu UFO

Rekan pengambil video terdengar masih bingung dan tak percaya oleh apa yang ia lihat. Ia berucap lagi, “Apa itu pesawat?”.

“Enggak mungkin!!”, jawab pengambil video.

UFO berbentuk bola cahaya yang tertinggal hanya satu ini tetap melayang diam (stationary) dan tak bergeming sedikitpun. Pengambil video mulai mengambil  sudut menjauhi (Zoom-out).

UFO yang tinggal sendirian itu menjadi kecil jika dilihat dari kejauhan (Zoom-out). Kemudian sekali lagi, sang pengambil video berusaha mengambil gambar dengan mendekatinya (Zoom-in), tapi kamera ponesel memang bukan ahlinya dalam dunia  zoom.

“Udah mentok nih, gak bisa lebih jauh lagi”, ucap pengambil video dengan nada kecewa.

Karena penasaran sekali lagi ia berusaha ingin men-zoom-in UFO yang tersisa hanya satu itu dengan sangat dekat, namun kamera ponselnya tidak bisa. Kemudian ia kembali ke mode (Zoom-out).

Ia kemudian mengakhiri videonya dengan meninggalkan UFO yang tersiisa hanya tinggal satu saja, dan yang paling terang. Video yang berdurasi 2 menit 46 detik itu pun berakhir. Sangat disayangkan, video berakhir ketika UFO yang tinggal sendiri itu belum menghilang.

Ketiga objek itu melayang disebelah kanan dari apartemen yang memiliki gedung kembar. Objek berbentuk bundar seperti bola, bercahaya putih kekuningan, melayang diam tak bergesar sedikitpun alias tak bergerak sama sekali.

Sebelum bergerak atau melesat horisontal, cahaya pada objek meredup atau berkedip terlebih dahulu, lalu meredup dan kemudian terlihat seperti menghilang, padahal tidak.

Setelah meredup, barulah salah satu objek bergerak secara horisontal. Selama fenomena ini, kedua objek yang melayang pergi, baik itu yang pertama maupun yang kedua, semuanya bergerak ke arah kiri pengamat, atau ke arah barat dari Jakarta. Kemudian pada akhirnya, ketiga objek misterius ini tersisa hanya satu saja.

Fenomena ini dilihat oleh dua orang yang berada di atas sebuah gedung. Jarak antara kedua pengamat atau saksimata dengan objek-objek berbentuk bola bercahaya yang melayang itu sekitar 2 – 3 kilometar, dengan ketinggian objek dibawah satu kilometer, atau sekitar 500-800 meter.

Sumber dan info lebih lengkap dapat dilihat di: https://indocropcircles.wordpress.com/2017/04/25/ufo-jakarta-2017-tiga-bola-cahaya-misterius-melayang-diatas-jakarta/