Kamis, 22 Maret 2018

Rahasia Vimana: Legenda-legenda Kuno (4/5)

Lanjutan dari "Sebuah Pemeriksaan Teknologi"


(2) Data Teknologi India

"Ada penjelasan India kuno tentang kendaraan kayu yang dibuat manusia yang terbang dengan sayap seperti pesawat terbang modern.  Walaupun kendaraan-kendaraan kayu ini juga disebut vimana, kebanyakan vimana sama sekali tidak mirip pesawat terbang."  - Richard L. Thompson, Alien Identities.  "Menurut buku-buku Sansekerta kuno yang ditemukan beberapa tahun yang lalu oleh orang-orang Barat di kuil di India Selatan, vimana adalah kendaraan terbang dengan atap terbuka, bukan UFO karena mereka terbatas di dalam atmosfir Bumi.  Dr. Roberto Pinotti adalah seorang ilmuwan Itali, dan pada 12 Oktober 1988 adalah pembicara dalam Konferensi Ruang Angkasa Sedunia di Bangalore, India.

Dia menyebutkan  beberapa buku-buku Hindu dan menunjukkan bahwa dewa-dewa dan pahlawan-pahlawan India bertempur di angkasa dengan menggunakan kendaraan yang berpilot dan diperlengkapi dengan senjata.  Senjata-senjata ini terdiri dari tujuh macam cermin dan lensa yang berbeda yang digunakan untuk tujuan menyerang dan bertahan.  "Cermin Pinjula" mempunyai semacam 'tameng visual' yang melindungi pilot dari 'pancaran sinar jahat', dan senjata yang dinamakan 'Marika' digunakan untuk menembak pesawat musuh.  Dr. Pinotti mengatakan bahwa senjata-senjata ini 'kelihatannya tidak jauh berbeda dengan apa yang sekarang kita sebut teknologi laser'.

"Pesawat-pesawat itu sendiri dibuat dengan logam istimewa yang menyerap panas, yang disebut 'Somaka, Soundalike dan Mourthwika'.  Menurut Dr. Pinotti, 'prinsip dorongan sehubungan dengan yang digambarkan, mungkin dapat didefinisikan sebagai listrik dan kimia, tetapi tenaga matahari juga terlibat'.  Ilmuwan-ilmuwan lain telah mengajukan teori bahwa pesawat tersebut digerakkan oleh semacam sistem dorongan ion merkuri.  Dr. Pinotti menyimpulkan fakta bahwa vimana ditulis ratusan, mungkin bahkan ribuan tahun yang lalu, ditambah bahwa mereka menyerupai UFO modern, akan menyimpulkan bahwa India mempunyai sebuah '… kebudayaan yang tinggi tapi terlupakan.

Kesimpulannya, kami berpendapat bahwa akan lebih baik untuk memeriksa buku-buku Hindu dan menyerahkan penjelasan mengenai model vimana kepada pengamatan yang lebih ilmiah'."  - Nick Humphries, "UFO Guide".  "Kendaraan Puspaku, yang menyerupai matahari dan adalah milik saudara laki-lakiku, dibawa oleh Ravan yang kuat; kendaraan udara yang bagus itu, pergi ke mana saja sesuai keinginan, siap untuknya.  Kendaraan itu, yang mirip dengan sebuah awan yang cerah, ada di kota Lanka."  - Ramayana "Menurut Dronaparva, bagian dari Mahabarata, dan Ramayana, sebuah vimana digambarkan berbentuk seperti sebuah bola dunia dan dilengkapi dengan kemampuan kecepatan tinggi, seperti angin besar, yang digerakkan dengan merkuri.  Kendaraan itu bergerak seperti sebuah UFO, naik, turun, mundur dan maju seperti yang diinginkan pilotnya. Dalam sumber India lainnya, Samar, vimana adalah 'mesin besi, dibuat dengan baik dan mulus, diisi dengan merkuri yang ditembakkan dari belakang dalam bentuk kobaran api yang dashyat.'

Karya lain yang disebut Samaranganasutradhara menggambarkan bagaimana kendaraan-kendaraan tersebut dibuat.  Ada kemungkinan bahwa merkuri berhubungan dengan dorongan, atau lebih mungkin, dengan sistem panduan. Dengan tekad yang keras, ilmuwan-ilmuwan Soviet telah menemukan apa yang mereka sebut 'peralatan-peralatan tua yang digunakan dalam mengemudikan kendaraan-kendaraan luar angkasa' di dalam gua-gua di Turkestan dan Padang Gurun Gobi. Peralatan-peralatan' tersebut berbentuk setengah lingkaran yang terbuat dari kaca atau porselin, berujung sebuah kerucut dengan setetes merkuri di dalamnya."  - D. Hatcher Childress, "Ancient Indian Aircraft Technology" dalam The Anti-Gravity Handbook.

G. R. Josyer, direktur Akademi Penelitian Bahasa Sansekerta Internasional di Mysore, India, pada tanggal 25 September 1952 menyatakan, bahwa naskah India yang berumur beberapa ribu tahun berhubungan dengan pembuatan beberapa jenis pesawat udara untuk penerbangan sipil maupun peperangan.  "Naskah tertentu mengenai penerbangan berisi rancangan tiga macam vimana (pesawat udara), Rukma, Sundara, dan Shakuna.  Lima ratus bait dalam sebuah buku kuno dianggap sebagai detail rumit dalam pemilihan dan penyiapan logam yang mungkin cocok untuk bermacam-macam bagian dari vimana yang berbeda jenis."



"Ada delapan bab … yang berisi rancangan untuk pembuatan pesawat udara yang terbang di udara, bergerak di bawah air, atau mengapung seperti perahu di atas permukaan air.  Beberapa bait menceritakan tentang syarat-syarat dan pelatihan pilot."  - Brad Steiger, Worlds Before Our Own.  "Benar, ada banyak cerita yang berhubungan dengan pembuatan mesin-mesin terbang.  Di dalam beberapa cerita, kami menemukan sebuah petunjuk yang menarik sebagai sumber mereka.  Dalam kumpulan cerita abad kesebelas lainnya, Brihat Kath_ Ɓlokasamgraha, tukang-tukang kayu terlibat dalam usaha pembuatan sebuah kendaraan terbang.  Ketika diminta oleh Rumanavat untuk membuat sebuah mesin yang dapat terbang, mereka menjawab bahwa peralatan pesawat udara seperti itu hanya dikenal oleh Yavanas, contohnya orang Yunani.  "Hal ini terulang lagi di cerita yang sama, dengan pendapat bahwa hal ini dirahasiakan oleh mereka.

Kisah yang lain, 'Perbuatan-perbuatan Raja Harsha', dari abad ketujuh, menceritakan tentang sebuah mesin terbang yang dibuat oleh seorang Yunani yang ditawan.  Laufer mencatat bahwa istilah untuk mesin udara dalam kisah ini adalah 'sebuah kendaraan mekanik (yantray_na) yang bergerak di atas permukaan udara'."  Clive Hart The Prehistory of Flight (Berkeley, 1985) "daftar referensi yang disusun sesuai urutan waktu dalam berbagai buku Barat mengenai mesin-mesin terbang [pp.195-197 et ff.]  Merupakan hal yang penting bahwa sebagian besar dari referensi awal mengenai penerbangan dalam sumber-sumber ini melibatkan penggunaan sayap-sayap buatan manusia.  Tidak ada pembahasan mengenai mesin terbang yang lebih kompleks yang dapat mengangkut manusia seperti yang kami temukan dalam kisah-kisah Cina, Korea, dan India."  - Dr. Benjamin B. Olshin, "Mechanical Mythology: Private Descriptions of Flying Machines as Found in Early Chinese, Korean, Indian, and Other Texts."

Bersambung: Rahasia Vimana: Legenda-legenda Kuno (5)