Selasa, 07 Agustus 2018

Contrail pesawat yang sering dikira meteor atau UFO

Pada tahun 2009, ada yang melaporkan: "Benda mirip meteor itu meluncur jatuh Jumat (20/3) lalu dan diabadikan dengan handycam oleh Endang Suhendar. Dalam tayangan berdurasi sekitar 5 menit itu tampak benda menyala jatuh dari langit dengan mengeluarkan sinar merah." Foto (capture dari video) ada di bawah ini:


Di bawah ini juga foto yang diambil oleh Agung Setiawan Sutadi pada tanggal 2-9-2007. Lihat foto di bawah ini, diambil dari: http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=861322:



Analisis BETA-UFO, ini adalah contrail (condensation trails) pesawat yang terkena sinar matahari sore.

Di bawah ini ada sebuah foto yang diambil oleh Nur Agustinus dari BETA-UFO, di dekat PTC Surabaya (dengan menggunakan kamera ponsel) yang diketahui pasti bahwa itu adalah pesawat:


Biasanya foto-foto itu diambil menjelang senja, di mana kondisi sudah mulai agak gelap, namun sinar matahari masih menerpa pesawat tersebut sehingga gas buang yang dihasilkan pesawat atau proses kondensasi menyebabkan berwarna agak kuning ke merah-merahan. Video yang dibuat di Jakarta dan sempat disiarkan beberapa stasiun televisi, diambil menjelang jam 6 sore.

Dari hasil perbandingan ini, disimpulkan bahwa hal itu bukan meteor dan bukan juga ufo, namun contrail pesawat terbang. Lihat juga di: http://contrailscience.com/aerodynamic-and-rainbow-contrails/