Selasa, 01 Januari 2019

Dari UFO ke USO


Oleh Nur Agustinus

Sebelumnya saya tidak begitu tertarik dengan fenomena USO (Unidentified Submerged Object). USO adalah obyek tak dikenal yang berada di bawah permukaan air. Mungkin karena selama ini saya lebih suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan angkasa dan antariksa. Bisa juga fenomena ini memang kurang begitu popular sebab jarang sekali ada saksi mata yang melaporkan pengalamannya. Namun, sejak setahun terakhir ini, ketika mulai banyak mendapat informasi tentang peradaban di bawah bumi (Inner Earth Civilization = IEC), dan sering didiskusikan di group whatsapp metaufo, saya mulai mencari informasi tentang USO ini.

Dalam pertemuan bulanan BETA-UFO region Surabaya, juga pernah salah satu tema bahasannya adalah tentang USO dan juga mengenai pangkalan alien di bawah laut. Bagi kebanyakan orang yang suka misteri UFO, pasti tidak asing dengan fenomena Segitiga Bermuda. Tempat di mana banyak kapal dan pesawat yang dikabarkan hilang dan sering dikaitkan dengan fenomena UFO.

Ada beberapa film fiksi ilmiah yang bisa dikaitkan dengan fenomena USO ini. Yang paling berkesan adalah The Abyss. Film lama tahun 1989 ini yang disutradarai oleh James Cameron, mengisahkan perjumpaan manusia dengan makhluk cerdas yang menghuni dasar laut yang dalam. Film ini sangat menarik, namun saat itu belum membuat saya tertarik dengan kasus-kasus USO. Juga ada film yang menceritakan makhluk aquatic (dari laut) seperti film Cold Skin, Siren atau film lama seperti The Creature From the Black Lagoon.

Mengapa saya tertarik dengan fenomena USO saat ini? Nampaknya tak lepas dari rangkaian informasi yang saya pelajari belakangan ini. Saya menduga, USO ini bukan pendatang dari planet lain. Bisa jadi justru mereka merupakan peradaban cerdas yang sudah ada lama di planet Bumi ini. Puncaknya saat melihat film fantasi Aquaman, di mana digambarkan Atlantis meski sudah dianggap hancur, tetapi ternyata dikisahkan bahwa mereka berevolusi sehingga dapat hidup di dalam laut. Memang, itu adalah Cuma cerita superhero saja, namun kalau dikaitkan dengan fenomena USO, ini sangat berkaitan.
Film The Abyss


Tentang Atlantis sendiri, saya dulu juga menganggap tak ada hubungannya dengan fenomena UFO. Bisa jadi memang tak ada kaitannya dan Atlantis, jika memang pernah ada, mungkin juga sudah hancur luluh lantak dan peradabannya musnah. Namun, bagaimana kalau memang di planet ini, manusia tidak sendiri sebagai makhluk cerdas? Banyak mitologi tentang dunia bawah bumi yang menyebutkan adanya makhluk-makhluk berperadaban yang tinggal di dalam bumi ini. Tentu, ini menimbulkan kesangsian. Tidak masuk akal bahwa bumi ini berongga. Teori hollow earth agak sulit dicerna akal. Memang ada banyak kisah yang dianggap sebagai bukti, seperti misalnya ekspedisi Admiral Byrd. Namun semua itu masih misteri.

Dalam kosmologi Hindu, dikenal juga ada dunia-dunia bawah tanah atau yang disebut dengan patala. Ada 7 dunia bawah tanah, yaitu Atala, Vitala, Sutala, Talatala, Mahatala, Rasatala dan Patala. Patala, dunia yang paling bawah disebut juga Naga-Loka, tempat di mana para naga tinggal. Saya jadi teringat, dalam kajian alien, dikenal juga makhluk yang disebut reptilian dan draconian. Apakah ini merujuk hal yang sama?

Ketika pertemuan bulanan di BETA-UFO Surabaya membahas soal Vimana, hal ini juga berkaitan dengan dunia-dunia di bawah tanah ini. Memang, ada yang mengatakan bahwa sumber tentang Vimana maupun dunia-dunia bawah tanah ini adalah merupakan naskah cerita yang bukan kenyataan. Namun, ada juga yang meyakini pengetahuan itu sebagai sebuah kebenaran. Terlepas dari itu, hal ini menurut saya sangat sesuai jika kita bandingkan dengan fenomena UFO dan alien di masa kini.

Kembali ke soal USO, saya pernah mendapatkan beberapa laporan pengalaman orang yang pernah melihat USO saat berada di laut. Cerita yang disampaikan benar-benar luar biasa. Ketika saya melihat film Aquaman, maka apa yang dilaporkan itu sangat mirip. Sinar-sinar di laut yang melaju kencang dan tiba-tiba muncul dan melesat ke udara, benar-benar luar biasa. Salah satu orang yang pernah cerita mengatakan, waktu dia melaporkan ke kapten kapal, sang kapten bilang bahwa hal itu biasa dan tidak perlu dibahas.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, mempunyai laut yang begitu luas. Beberapa kasus USO dilaporkan di selat Malaka dan juga daerah Laut Banda. Kita juga punya banyak mitos atau cerita legenda tempat-tempat misteri yang berhubungan dengan danau dan laut. Misalnya saja di Laut Selatan, Danau Toba, Danau Poso, dan masih banyak lainnya. Mungkin ada lorong-lorong di bawah bumi yang menghubungkan satu tempat dengan yang lainnya. Siapakah mereka?  Apakah mereka benar ada? . Entahlah, namun ini makin menarik bagi saya akhir-akhir ini.

* * *