Kamis, 17 Oktober 2019

Fenomena Rambut Bidadari

Oleh Dino Michael


Ilustrasi dari kasus "angel hair" yang amat terkenal di Oloron, Perancis.


Ilustrasi dari kasus "angel hair" yang amat terkenal di Oloron, Perancis.


Masih dalam tema rahasia mesin UFO, tulisan ini akan membahas kasus yang disebut “angel hair” atau “rambut bidadari”.
Fenomena ini sudah cukup dikenal dalam penampakan UFO dan terjadi di banyak negara. Tulisan ini tidak terlalu memfokus pada tiap kasusnya tapi rahasia yang mungkin bisa terungkap dibalik fenomena itu.
Kasus “angel hair” yang paling terkenal terjadi di Perancis.
Pada 17 Oktober 1952, di Oloron, banyak penduduk melihat iring-iringan benda aneh berbentuk bulat yang dilingkari cincin. Benda-benda itu terbang pada ketinggian kira-kira 2000 - 3000 meter.
Diantara iringan itu terdapat obyek berbentuk tabung yang terbang dengan posisi 45 derajat. Dan diatas tabung itu keluar asap putih.

Salah satu foto terkenal dari "angel hair". Bahan ini mudah menguap sebelum dapat diteliti lebih lanjut.


Yang paling mengherankan penduduk adalah ketika mereka melihat beberapa benda bulat itu ada yang mengeluarkan sesuatu seperti “selendang putih” yang mirip suatu “busur listrik” (lihat ilustrasi di bawah).
Selendang-selendang itu berjatuhan ke bumi.
Benda-benda aneh itu lalu terlihat meninggalkan daerah itu.
Selendang-selendang itu banyak yang berjatuhan di atas pohon atau di atap rumah atau juga di kabel listrik.
Yang aneh, bahan itu cepat berubah menjadi seperti lendir sebelum lenyap di tanah. Bahan itu, menurut para saksi, mirip dengan serat kaca.
Karena mudah menguap bahan itu menjadi sulit diteliti oleh para ahli.
Sepuluh hari kemudian fenomena yang sama terjadi di daerah Gaillac dengan meninggalkan “angel hair”.
Fenomena seperti ini rupanya juga terjadi di negara-negara lain seperti Australia, Italia, dan Amerika Serikat. Tapi tidak selalu fenomena “angel hair” disertai dengan benda-benda aneh.
Apa sebetulnya “rambut bidadari” ini?
Di tahun 1953, seorang letnan muda Angkatan Udara Perancis, Jean Plantier, membayangkan sebuah wahana yang ditenagai oleh energi alam seperti partikel kosmik. Partikel itu berasal dari luar angkasa. Plantier menjelaskan teorinya dengan baik dalam bukunya tahun 1955.

UFO di Gulf breeze sedang berganti warna. Kasus yang amat terkenal. Apakah pesawat UFO menggunakan tenaga kosmik seperti yang dijelaskan letnan Plantier?

Yang sangat menarik, dalam teori Plantier, adalah mengenai “angel hair” yang menurutnya merupakan “kotoran” dari partikel-partikel yang dielektrisasi bila propulsi pesawat yang menggunakan tenaga kosmik sedang diperlambat gerakannya.
Teori Plantier juga menjelaskan tentang perubahan warna pada pesawat. Kita sering mendengar kasus UFO yang berubah warna.
Plantier juga menjelaskan tentang kelemahan pesawat bila propulsinya menggunakan partikel kosmik. Bila terjadi gangguan di bagian ruang kekuatan pesawat, itu dapat menimbulkan ledakan yang menggelegar.
Ini mungkin bisa menjelaskan fenomena ledakan misterius yang sering didengar banyak orang.
Teori Plantier sepertinya cocok dengan semua deskripsi UFO yang sering terlihat.

Sumber:
“Tamu Dari Luar Angkasa” oleh Jacques Lob dan Robert Gigi
Sinar Harapan, 1985