Selasa, 09 Februari 2021

Close Encounter of The Third Kind di jaman Jepang di Sawangan, Depok (1942-1945)

Fauzan Luthfi Agustin
Laporan ini masuk ke BETAUFO melalui whatsapp group dari Sdr. Fauzan Luthfi Agustin pada tanggal 8 Februari 2021. Sebelumnya juga pernah diceritakan langsung saat gathering BETAUFO di AEON Mall BSD City, Tangerang, tanggal 23 April 2017. Menurut penuturan Sdr. Fauzan, neneknya yang bernama Kani, pernah melihat benda terbang mirip bakul (tempat nasi) terbalik. Kata neneknya saat itu masih jaman Jepang. Neneknya meliat benda terbang itu sedang melayang di tengah sawah, lalu dari kejauhan neneknya melihat, benda terbang turun dan kemudian keluar bocah kecil. Kejadiannya sore  waktu itu. Dikatakan banyak bocah kecilnya. Lalu, neneknya mendatangni dan teriak, "Lu bocah udah sore, pada pulang sono." Didatangi justru mereka sepertinya takut dan masuk lagi ke bakul kebalik tersebut lalu kemudian terbang. Hal itu diceritakan oleh nenek Fauzan sebelum sakit dan wafat.

Neneknya sempat bercerita, bahwa ada dua kali sebenarnya melihat hal yang seperti itu. Yang kedua saat di kebon pisang. Nampak juga bakul kebaliknya dan di dalamnya ada bocah kecilnya juga. Terbang di atas kebon. Menurut Fauzan, neneknya hanya mengatakan ada bocah kecil, tidak ingat pasti tahunnya. Kejadian di Bojongsari Baru, dahulu masih daerah Sawangan (Pelita Jaya), di depok, Jawa Barat. Sekarang sudah menjadi bagian Bojongsari Baru. Sawahnya sudah menjadi lapangan bola sekarang. Neneknya juga bercerita bahwa sehabis kejadian itu, langsung disuruh matiin pelita (penerangan yang menggunakan api) dan masuk ke lubang perlindungan di bawah tanah. Dulu kalau ada info pasukan udara jepang datang, diperintahkan untuk mematikan semua sumber cahaya agar daratan tidak kelihatan oleh pasukan udaranya Jepang.

Yang mengetahui cerita ini adalah Fauzan, juga ayah dan ibunya. Saat ditanya bocah kecilnya itu seperti apa, dijawab, "yaa bocah kecil." Menurut ayah Fauzan, benda seperti bakul terbalik itu yang dilihat mertuanya mendarat di tengah sawah. Makhluk yang keluar seperti anak kecil tetapi bukan manusia. Makhluk-makhluk itu kecil, kurus dan plontos (tidak berambut). Rumah-rumah saat itu jaraknya masih jauh-jauh, sepi dan jarang orang. Ayahnya malah mengira itu adalah jin.

Selang tak berapa lama kemudian neneknya Fauzan sakit dan kemudian meninggal dunia. Fauzan mendengar cerita ini pada tahun 2017. Nenek Fauzan meninggal di usia 100 tahunan lebih dan saat melihat peristiwa aneh itu, neneknya masih muda.

Lokasi kejadian:  Dari titik ini ke selatan dulunya sawah luas  6°22'59.5"S 106°44'27.4"E
https://maps.google.com/?q=-6.383200,106.740956 sebelah utaranya tanah lumayan tinggi, tempat pemukiman.