Selasa, 02 Februari 2021

Mengenal dan Mengenang R.Jacob Salatun


 

BETA TALKS
Mengenal dan Mengenang:
R. Jacob Salatun
Perintis Penelitian UFO di Indonesia
Rabu, 3 Februari 2021
Mulai pukul 20.00 WIB
Bersama Nur Agustinus dan Joseph McKellen
 
Rekaman Zoom bisa disimak di bawah ini:

 
 
 
Marsda. TNI (Purn.) Jacob Salatun (lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 29 Mei 1927 – meninggal di Jakarta, 3 Februari 2012 pada umur 84 tahun), adalah salah seorang tokoh dirgantara Indonesia. Salatun menjadi perencana berdirinya Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN).dan menjadi Menteri Perindustrian Penerbangan pada Kabinet Dwikora III pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. 

Menjelang pembentukan Lapan, Salatun juga menginisiasi Proyek Roket Ilmiah dan Militer Awal (PRIMA) pada 22 September 1962. Proyek prestisius yang melibatkan Angkatan Udara dan Institut Teknologi Bandung ini melambungkan nama Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang memiliki teknologi roket ketika dunia dilanda perang dingin.

Kegemaran Salatun akan UFO sejalan dengan kegiatannya mengembangkan dunia kedirgantaraan. Pria kelahiran Banyumas, 29 Mei 1927, ini juga mendirikan Studi UFO Indonesia (SUFOI). Beberapa buku mengenai UFO juga ia terbitkan yaitu "Menjingkap Rahasia Piring Terbang" pada tahun 1960 dan "UFO: Salah Satu Masalah Dunia Masa Kini" (1982).
 
Dalam buku terakhir, Salatun menuturkan pengalamannya melihat piring terbang. Pada 28 Maret 1982, ia sedang bercengkrama dengan anak laki-lakinya ketika menyaksikan kemunculan benda tak dikenal di tengah-tengah awan. Benda terbang tersebut berbentuk bulat dan berwarna putih.

"Mula-mula benda itu diam di tengah-tengah awan, kemudian ia bergerak ke arah barat sambil meninggalkan awan tadi untuk akhirnya menghilang pada elevasi 45 derajat," tulis Salatun dalam buku tersebut.

Buku karya Salatun sendiri menginspirasi banyak orang di Indonesia untuk memahami UFO. Tak heran jika peminat UFO di Tanah Air  mendaulat Salatun sebagai Bapak UFO Indonesia.