Kamis, 29 Juli 2021

Misteri Insiden UFO Kecksburg

 

Selain insiden jatuhnya UFO di Roswell, Amerika. Fenomena yang tidak kalah populer terjadi di negara tersebut adalah peristiwa Insiden jatuhnya UFO Kecksburg di Pennsylvania pada 5 Desember 1965, kejadian ini mendapatkan banyak perhatian dan sempat menjadi isu nasional lantaran disebabkan banyaknya saksi yang melihat dan juga keterlibatan polisi dan pihak militer yang seolah menyembunyikan benda yang sebagian orang percaya adalah UFO.

Kejadiannya sendiri berlangsung pada sore hari pada pukul 16.47 waktu setempat terdapat cahaya menyilaukan dari bola api--sebagian ada yang mengatakan meteor--yang terbang terlihat dari Kanada,Ohio dan mendarat di hutan disertai bunyi dentuman dan menyebabkan kepulan asap berwarna biru--versi lainnya ada yang mengatakan bola api yang diduga adalah UFO meledak di udara dan menghasilkan cahaya berwarna warna hijau, kuning, dan ungu dan hasil ledakan itu jatuh di ladang gandum di Pennsylvania Barat.

Tak heran peristiwa ini pun mengundang banyak warga untuk melihat, beberapa penduduk di desa Kecksburg, salah satunya  adalah Eichler, anak berusia 13 tahun yang melihat jatuhnya benda tersebut ketika bermain baseball.

Laporan Insiden UFO Kecksburg (Atlasobscura.com)

Akhirnya tempat jatuhnya benda yang memiliki ciri berwarna tembaga sepanjang 15 kaki dengan bentuk seperti lonceng dan ada tulisan seperti  hieroglyph Mesir itu tak hanya didatangi oleh penduduk tetapi juga pemadam kebakaran, polisi negara bagian dan akhirnya militer.

Militer yang datang pun berbegas menutup daerah tersebut dan juga menghapus jejak. beberapa saksi mengatakan bahwa para anggota militer terlihat memindahkan sebuah objek besar ke sebuah truk, banyak saksi yang tidak melihat jelas objek apakah itu lantaran kesulitan akses saat militer "membersihkan" lokasi tersebut, bahkan ketika ada yang memfoto atau merekam, langsung direbut.

Tidak ada penjelasan resmi setelah kejadian tersebut, semuanya hanya berdasarkan teori. Misalnya Seorang astronom bernama Paul Annear mengatakan bola api itu kemungkinan sebuah meteor yang memasuki atmosfer bumi.

Namun setelah 40 tahun selang kejadian, yakni pada Desember 2005 silam, NASA menyatakan bahwa apa yang terjadi di Kecksburg adalah pecahan logam dari satelit Rusia yang masuk kembali ke atmosfer dan pecah. Anehnya, catatan tentang peristiwa ini hilang di tahun 90-an--hal yang membuat NASA sempat dituntut dengan alasan Freedom of Information Act. NASA kemudian setuju untuk mencari kembali catatan ini tapi akhirnya tidak ketemu sehingga fenomena ini tetap misteri.

Kasus hilangnya dokumen penting di NASA adalah hal yang kerap terjadi, salah satunya yang paling fenomenal adalah rekaman asli pendaratan Apollo 11 di bulan.

Meski demikian pakar luar angkasa,  Jim Oberg mengatakan NASA mungkin saja tidak memiliki tentang catatan terkait peristiwa tersebut lantaran saat kejadian insiden jatuhnya UFO di Kecksburg yang bertanggungjawab adalah pihak militer. 

Pendapat lain diutarakan oleh MUFON, sebuah organisasi penelitian UFO menyatakan bahwa bjek yang dilaporkan mendarat di Kecksburg adalah satelite mata-mata Angkatan Udara Amerika, namun ketika diluncurkan gagal mengorbit sehingga jatuh.

Menjadi Pop Culture

Alat peraga UFO Kecksburg , dibuat untuk acara Unsolved Mysteries, saat ini dipajang di dekat stasiun pemadam kebakaran Kecksburg (wikipedia.org).

Meski kejadian jatuhnya UFO ini masih menjadi misteri, namun peristiwa ini akhirnya menjelma menjadi pop culture di mana hampir setiap tahun orang dari penjuru dunia festival UFO tahunan di sana. 

Layaknya sebuah acara pergelaran di sana banyak orang memakain kostum Alien dan UFO, live music, kembang api, wahana permainan anak-anak serta kerajinan tangan dan suvernir bertema UFO dll.

Selain itu banyak acara stasiun televisi juga menjadikan Insiden UFO Kecksburg sebagai salah satu tayangan yang seru. Misalnya di acara Nazi UFO yang ditayangkan oleh Discovery Channel menyatakan bahwa UFO yang jatuh adalah UFO buatan Nazi bernama Die Glocke atau Bell Nazi, pesawat anti gravitasi yang dibuat menyerupai Vimana--wahana terbang itu disebut dalam kitab Ramayana dan Mahabharata.

Namun tayangan yang cukup menggemparkan adalah pada tahun 1990 di mana siaran televisi NBC berjudul Unsolved Mysteries menyibak rahasia detail tentang UFO yang jatuh tersebut semisal bentuknya seperi biji dan sebesar mobil Volkswagen Beetle serta adanya tulisan menyerupai hieroglif Mesir. Saking modalnya, mereka pun membuat Alat peraga dan kemudian dipajang di desa tersebut--yang kemudian menarik simpati turis dari negara manapun untuk mengunjungi lokasi ini. 


Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Kecksburg_UFO_incident

https://travel.detik.com/destination/d-2296174/misteri-monumen-ufo-yang-aneh-di-as

https://www.tribunnewswiki.com/2019/12/09/hari-ini-dalam-sejarah-9-desember-1965-insiden-ufo-kecksburg-bola-api-terlihat-di-langit-amerika

https://www.liputan6.com/global/read/2673546/9-12-1965-geger-bola-api-misterius-meledak-di-pennsylvania