Minggu, 09 Januari 2022

Kontak UFO dengan kosmonot Salyut-6 (Mei 1981)

 

Salyut 6 kontak dengan UFO dan 3 awaknya
 

Salah satu catatan paling menarik dari kontak dekat terjadi di orbit Bumi dan melibatkan awak stasiun luar angkasa Rusia Salyut-6. Kosmonot Rusia Vladimir Kovalyonok dan Viktor Savinikh, selama dua hari, ditemani oleh sebuah objek bulat, yang diawaki oleh tiga makhluk humanoid. Kontak tersebut terjadi antara 14 dan 16 Mei 1981, ketika kosmonot Kovalyonok sedang berolahraga di mesin gym untuk menghindari kerusakan otot di lingkungan gayaberat mikro. Saat melihat melalui jendela kapsul, kosmonot untuk pertama kalinya memperhatikan benda aneh itu.

 

Proses munculnya obyek aneh menurut Vladimir Kovalyonok
 

Para kosmonot memfilmkan objek aneh itu selama hampir satu jam. “Saya baru saja melakukan beberapa latihan senam, ketika saya melihat di depan saya, melalui jendela, sebuah objek yang tidak dapat saya jelaskan… sesuatu yang tidak mungkin menurut pandangan hukum fisika”. Kovalyonok menyatakan, laporan itu segera menjadi berita di seluruh dunia.

 

Vladimir Kovalyonok dan Viktor Savinikh

 

Kovalyonok awalnya melihat objek bulat yang tiba-tiba muncul pada jarak sekitar 1.000 m, kemudian memberitahu Savinikh. Mereka berdiri selama beberapa waktu mengawasi melalui dua lubang intip yang terpisah.Kovalyonok mengambil kamera dan memotret beberapa frame pertama  selama 45 menit. Dia tidak memiliki penjelasan yang masuk akal sedikit pun untuk apa yang terjadi. Dengan bantuan teropong dia melihat lubang intip di kapal lain. Dia memperhatikan bahwa itu benar-benar bulat dan tidak memiliki panel surya. Benda itu tampak setengah ukuran Salyut 6 (sekitar 8 meter).

 

Selama 24 jam berikutnya, sepanjang 14 Mei 1981, benda misterius itu tetap dalam posisi diam di dekat Salyut-6, tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas. Tiba-tiba, saat bangun keesokan harinya, 15 Mei, kedua kosmonot melihat benda aneh itu semakin dekat, kurang lebih 100 meter. Dengan demikian, objek aneh itu dapat diamati dengan lebih jelas. Ada serangkaian jendela di sekelilingnya, semuanya berjumlah 24, dibagi menjadi tiga tingkat.  Dengan cahaya interior di pesawat aneh itu, para kosmonot dapat mengamati ruang kabin yang tampak relatif konvensional di dalam pesawat, memamerkan panel kontrol, kursi, dinding penahan, dan peralatan serta struktur lainnya. Kemilau permukaan pesawat itu tampak metalik. Tidak ada titik masuk dan keluar yang terlihat, dan Soviet juga mencatat tidak adanya tanda pengenal eksterior kapal, antena, terminal sistem optik, panel surya dan sejenisnya.

Ilustrasi yang dibuat Vladimir Kovalyonok saat UFO muncul

 

Mereka juga mengamati di dalam objek ada tiga awak yang mengenakan semacam seragam ketat, menempel di tubuh. Mereka mengenakan helm ringan seperti tudung yang ditarik ketat di atas kepala mereka sehingga sebagian wajah mereka tertutup. Namun, para kosmonot mengamati wajah yang tampak seperti manusia, alis yang panjang dan tebal, hidung yang lurus,mata biru besar, dengan ukuran jauh lebih besar dari standar manusia bumi. Mereka tidak menunjukkan emosi.  Menurut kosmonot, tidak ada otot di wajah yang bergerak, dan semua gerakan mereka tampak normal, meskipun mekanis dan artifisial atau buatan.

 

 Pada hari yang sama, Kovalyonok meminta izin dari Ground Control untuk memulai kontak efektif dengan makhluk aneh itu. Kontrol memutuskan bahwa mereka tidak boleh melakukan kontak fisik, hanya boleh kontak mata. Pada saat tertentu, objek mendekat lebih dekat lagi, mencapai sekitar 30 meter dari kapsul. Perpindahannya tepat, tetapi bentuk propulsi yang digunakan oleh objek tidak dapat dirasakan. Dari jarak ini, para kosmonot memperhatikan bahwa makhluk aneh itu melakukan gerakan kaku, seolah-olah itu artifisial.

 

Ilustrasi saat UFO mendekati Salyut-6
 

Kemudian para kosmonot membuka peta langit dan meletakkannya di salah satu jendela kapsul. Makhluk aneh itu melakukan hal yang sama.  Mereka menunjuk ke Tata Surya di dalam Bima Sakti. Kovalyonok kemudian membuat tanda positif dengan tangannya. Makhluk itu menjawab dengan gerakan yang sama, dan kemudian kapal luar angkasa pergi dengan sangat cepat, tetapi segera kembali. Mereka mengulangi tindakan itu sebanyak enam kali, tanpa alasan yang jelas.

 

Kovalyonok, dengan bantuan senter yang kuat, mengirim pesan dengan Kode Morse, pertama dalam bahasa Rusia, kemudian dalam bahasa Inggris dengan isi sebagai berikut: "Kosmonot Soviet menyambut pengunjung Bumi. Apakah Anda menerima?". Tidak ada tanggapan. Dia mencoba menggunakan bahasa biner. Dia memberi isyarat 101101 dengan senter. Kemudian dia mencoba mengirim sinyal matematis dan menerima sinyal cahaya sebagai tanggapan. Kemudian pesan bercahaya ini diuraikan dan ditemukan sebagai logaritma Napierian.

 

Tampak 3 sosok humanoid berada di dalam UFO
 

Pada hari terakhir kontak, awak alien meninggalkan objek dan mendekati kapsul kosmonot. Kosmonot memperkirakan makhluk itu tingginya sekitar 2 meter dan pakaian mereka mirip di antara ketiganya. Mereka membuat gerakan aneh, seolah-olah mereka sedang duduk di kursi. Mereka tidak mengenakan ransel jenis peralatan lain apa pun yang biasanya digunakan untuk menunjang kehidupan seperti yang umumnya digunakan kosmonot atau astronot.

 

Tiga awak UFO keluar dari pesawatnya menujur Salyut-6

Kosmonot meminta izin kepada Kontrol Darat untuk meninggalkan kapsul dan pergi menemui makhluk-makhluk itu, tetapi ditolak. Setelah itu, makhluk itu kembali ke objek dan pergi untuk selamanya. Setelah kepergian objek yang definitif, para kosmonot merasakan apa yang mereka definisikan sebagai "kerinduan yang aneh".

 

Pada tanggal 18 Juni 1981, Gosplan (Kementerian Perencanaan Uni Soviet waktu itu) telah mengadakan pertemuan luar biasa. Pada kesempatan tersebut hadir beberapa ahli ufologi, kosmonot dan penguasa Soviet, termasuk militer.  Kovalyonok dan Savinykh hadir dan moderatornya adalah kepala program luar angkasa Soviet, Jenderal Georgi Timofeevict Beregovoy. Kovalyonok mempresentasikan video yang dia rekam dengan kameranya, menunjukkan UFO dan makhluk-makhluknya.  Pada pertemuan tersebut, setelah pengenalan singkat Jenderal Beregovoy, semua orang akan melihat film yang luar biasa, sebuah dokumen yang dibuat oleh kosmonot Soviet selama periode di mana kedua kapal tetap berhubungan. Film ini diambil melalui lubang intip Salyut-6. Pesawat yang tidak dikenal, kadang-kadang, muncul pada jarak hanya 40m.

 

Pada pertemuan tersebut, para kosmonot akan menyatakan bahwa Salyut-6 telah melakukan kontak dengan pesawat yang tidak diketahui asalnya selama 4 hari (dengan gangguan) yang mengorbit bersamanya pada ketinggian 400 km dari Bumi. Peristiwa itu akan melibatkan dua kosmonot dan  tiga makhluk humanoid tak dikenal dan misterius. Kendaraannya berbentuk bola dan hanya setengah ukuran Salyut-6 yang panjangnya 16 meter.

 

Setelah pertemuan 18 Juni, pemerintah Rusia belum berkomentar tentang peristiwa yang melibatkan Salyut-6. Video dan temuan investigasi resmi pemerintah masih jauh dirahasiakan dari publik. Para kosmonot itu sendiri, meskipun mereka telah membuat banyak pernyataan yang mengkonfirmasi fakta, enggan memberikan wawancara tentang masalah ini.

Vladimir Kovalyonok

 

Viktor Savinikh
 
Salyut-6

Sumber: http://thelivingmoon.com/49ufo_files/03files2/1981_Russian_Cosmonaut_UFO_Salyut_6_Space_Station.html

https://www.dnabinario.com.br/2013/01/um-dos-casos-mais-incriveis-da-ufologia.html

https://www-howandwhys-com.translate.goog/russian-cosmonauts-ufo-encounters-during-salyut-6-space-missions/

https://ufo.com.br/artigos/sovieticos-contatam-extraterrestres-em-orbita-da-terra

Video testimoni kosmonot Vladimir Kovalyonok:

https://www.youtube.com/watch?v=NpS1Njoi7sM

https://www.youtube.com/watch?v=HUiPqviT11I