Senin, 25 April 2022

Insiden Danau Falcon



Insiden Danau Falcon adalah 'kasus UFO yang paling terdokumentasi' di Kanada

Ditulis oleh Darren Bernhardt untuk Berita CBC. Link sumber ada di bagian bawah.

Stan Michalak masih ingat dengan jelas ketika ayahnya pulang ke rumah sakit dan terluka setelah sesuatu terjadi di hutan Danau Falcon di Manitoba pada akhir pekan panjang Mei tahun 1967.

Itu adalah sesuatu yang menempatkan kehidupan keluarganya ke dalam pergolakan dan tetap menjadi salah satu pertemuan UFO paling terkenal di dunia.

"Saya ingat melihatnya di tempat tidur. Dia tidak terlihat baik sama sekali. Dia tampak pucat, kuyu," kata Michalak, yang saat itu berusia sembilan tahun dan diizinkan untuk melihat ayahnya selama beberapa menit pada hari itu. setelah apa yang segera dikenal sebagai insiden Danau Falcon.

Lalu ada bau.

"Ketika saya masuk ke kamar tidur, ada bau yang sangat menyengat di dalam kamar, seperti bau belerang yang sangat mengerikan dan motor yang terbakar. Itu ada di mana-mana dan keluar dari pori-porinya. Itu buruk," kata Michalak, salah satu rekan kerjanya. -penulis buku When They Appeared  dengan peneliti UFO dari Winnipeg, Chris Rutkowski.

Buku tersebut akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan 50 tahun insiden tersebut.

"Saya sangat takut. Ayah saya terluka dan saya tidak tahu apa-apa tentang itu," kata Michalak kepada CBC News mengingat hari Sabtu itu 50 tahun sebelumnya.

Namun, dalam beberapa hari, dia tidak hanya tahu lebih banyak — begitu juga sebagian besar publik.

Cerita tentang ayahnya yang terbakar oleh UFO dimuat di surat kabar Winnipeg Tribune "dan saat itulah semuanya cukup mengejutkan," kata Michalak.

 

Kisah Pertemuan itu

Stefan Michalak adalah seorang mekanik industri perdagangan dan ahli geologi amatir yang suka menjelajah ke hutan belantara di sekitar Danau Falcon — sekitar 150 kilometer sebelah timur Winnipeg — untuk mencari kuarsa dan perak.

Pada tanggal 20 Mei 1967, Stefan berada di dekat lokasi kuarsa di sepanjang lapisab Prekambrium di daerah itu ketika pria berusia 51 tahun itu dikejutkan oleh sekelompok angsa di dekatnya yang terbang cepat seperti saat mendengar bunyi klakson.

Menurut penuturannya, seperti yang dilaporkan di surat kabar pada saat itu dan juga diulang di buku, majalah, dan di acara TV seperti Unsolved Mysteries, Stefan mendongak dan melihat dua benda berbentuk cerutu dengan cahaya kemerahan melayang sekitar 45 meter.

Satu turun, mendarat di bagian batu yang datar dan mengambil lebih banyak bentuk cakram. Yang lain tetap di udara selama beberapa menit sebelum terbang.

Dia juga mencatat sebuah pintu terbuka di samping dengan lampu terang di dalamnya, dan mengatakan dia mendengar suara-suara yang teredam oleh suara dari pesawat itu.

Dia berkata dia memanggil, menawarkan bantuan mekanik kepada "Yankee boys" jika mereka membutuhkannya. Suara-suara itu menjadi sunyi tetapi tidak menjawab, jadi Stefan mencoba dalam bahasa Polandia asalnya, lalu dalam bahasa Rusia dan akhirnya dalam bahasa Jerman.

Hanya deru dan desis pesawat yang merespon.

Di dalam, Stefan mengatakan dia melihat berkas cahaya dan panel berbagai warna yang berkedip, tetapi tidak bisa melihat siapa pun atau makhluk hidup apa pun. Ketika dia melangkah pergi, tiga panel meluncur melintasi pintu yang terbuka dan menyegelnya.

Di dalam, Stefan mengatakan dia melihat berkas cahaya dan panel berbagai warna yang berkedip, tetapi tidak bisa melihat siapa pun atau makhluk hidup apa pun. Ketika dia melangkah pergi, tiga panel meluncur melintasi pintu yang terbuka dan menyegelnya.

Dia mengulurkan tangan untuk menyentuh pesawat itu, yang katanya melelehkan ujung jari sarung tangan yang dia kenakan.

Pesawat itu kemudian mulai berputar berlawanan arah jarum jam dan Stefan mengatakan dia melihat sebuah panel yang berisi kisi-kisi lubang. Tak lama kemudian, dia merasa dihempas di dada oleh ledakan udara atau gas yang mendorongnya ke belakang dan membakar baju dan topinya.

Dia merobek pakaian yang terbakar saat pesawat itu lepas landas dan terbang.

Bingung dan mual, Stefan tersandung berjalan melalui hutan dan muntah. Dia akhirnya berjalan kembali ke kamar motelnya di Falcon Lake kemudian naik bus kembali ke Winnipeg.

'Itu hanya membalikkan hidup kita'

Begitu cerita itu keluar, RCMP, angkatan udara, media, berbagai lembaga pemerintah, dan gerombolan anggota masyarakat yang heran turun ke bungalo kecil River Heights milik keluarga Michalak di Winnipeg.

Itulah yang dimaksud Michalak dalam judul buku itu — pengunjung dan panggilan telepon yang tak ada habisnya, media dan orang-orang yang berkemah di halaman, orang-orang yang akan mengikuti Michalak ke sekolah suatu hari nanti membumbuinya dengan pertanyaan.

Setelah itu, dan sampai hari kematiannya pada tahun 1999 pada usia 83 tahun, Stefan percaya bahwa dia seharusnya tidak mengatakan apa-apa, kata Michalak.

Tapi pada saat itu, dia merasa itu adalah sebuah kewajiban. Dia ingin orang lain, jika mereka melihat hal yang sama, menghindarinya dan tidak terluka, kata Michalak.

Di Polandia, sebelum Stefan memindahkan keluarganya ke Kanada, dia adalah seorang polisi militer dengan seperangkat pedoman moral yang dia jalani - yaitu, jika sesuatu terjadi, itu harus dilaporkan, kata Michalak.

Selain pemeriksaan terus-menerus dari pihak berwenang, keluarga mengalami kecaman dan kritik di depan umum, kewarasan Stefan dipertanyakan dan Michalak diintimidasi di sekolah.

Meskipun dia berharap dia tidak mengatakan apa-apa, Stefan juga tidak pernah mundur dari cerita itu. Dia juga tidak pernah mengaku pernah melihat alien dan masih menganggapnya sebagai pesawat militer rahasia.

"Jika Anda bertanya kepadanya apa yang dia lihat, dia bisa menggambarkannya secara detail tapi dia tidak akan pernah berkata, 'Oh, itu pasti makhluk luar angkasa,' karena tidak ada bukti untuk membuktikannya," kata Michalak.

"Dia mungkin bertanya, 'Menurutmu apa yang kulihat?' tetapi sampai dia meninggal, ceritanya tidak pernah berubah sedikit pun — tidak ada apa pun tentangnya atau bagaimana dia menceritakannya."

Selama bertahun-tahun sejak dan dengan sekitar 300 halaman dokumentasi tentang pertemuan itu, "sejauh ini tidak ada yang cacat dari ceritanya," kata Michalak.

Jadi apa yang dia pikirkan?

"Saya tidak terlalu berpikiran tertutup sehingga saya tidak dapat menerima kemungkinan bahwa itu adalah dunia lain. Saya tidak dapat mengabaikannya. Tetapi tanpa bukti khusus untuk menunjukkan kepada saya bahwa itu adalah dunia lain, saya tidak tahu," kata Michalak.

Diselidiki secara intensif

Kasus ini diselidiki secara intensif oleh sejumlah instansi pemerintahan dan kesimpulan resmi, bahkan dari Angkatan Udara Amerika Serikat, adalah bahwa kasus itu tidak dapat dijelaskan, kata Rutkowski.


"Insiden Danau Falcon mungkin adalah kasus UFO yang paling terdokumentasi di Kanada," katanya.

Barang-barang kemudian diambil dari lokasi pertemuan, termasuk sarung tangan dan kemeja Stefan dan beberapa alat, yang menjadi sasaran analisis ekstensif di laboratorium kejahatan RCMP. Tidak ada yang bisa menentukan apa yang menyebabkan luka bakar.

Di lokasi pendaratan ada lingkaran berdiameter sekitar 15 kaki, tanpa lumut dan vegetasi yang tumbuh di daerah lain dari singkapan batu yang sama. Sampel tanah, bersama dengan sampel pakaian, diuji dan dianggap sangat radioaktif.

Begitu juga potongan logam yang terkelupas dari retakan batu sekitar setahun setelah kejadian. Logam itu entah bagaimana telah meleleh ke dalam retakan.


Banyak dari barang-barang tersebut telah lama hilang karena dipindahkan melalui berbagai otoritas dan lembaga. Namun, Rutkowski dan Michalak masih memiliki salah satu potongan logam, yang tetap mengandung  radioaktif.

Masih sakit pada tahun 1968 dengan kambuhnya luka bakar yang muncul di dadanya dan menderita pingsan, Stefan pergi ke Mayo Clinic di Rochester, Minn.

Dokter melakukan penyelidikan menyeluruh dan bahkan mengirimnya ke psikiater "yang kembali dengan laporan bahwa ini adalah orang yang sangat pragmatis, sangat membumi - maafkan permainan kata-kata - dan tidak mengarang cerita," kata Rutkowski.

Sumber: https://www.cbc.ca/news/canada/manitoba/falcon-lake-incident-book-anniversary-1.4121639